Selamatkan Karst Padalarang


Selamatkan Karst Padalarang


PADALARANG - BANDUNG BARAT, - Para ahli geologi mulai putus asa mengupayakan perlindungan kawasan karst Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Berbagai macam cara dilakukan tapi tidak pernah membuahkan perhatian khusus pemerintah daerah untuk menciptakan perlindungan hukum yang efektif.

Menurut pengajar Geomorfologi dan Geologi Lingkungan Institut Teknologi Bandung Budi Brahmantyo, berbagai upaya sudah dilakukan untuk menyelamatkan karst Padalarang , yang terbentuk 30 juta tahun lalu, dari kehancuran akibat penambangan kapur.

Di antaranya dengan publikasi fakta kerusakan melalui media cetak dan elektronik, mengadakan dialog dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung Barat, dan berbagai seminar berskala nasional. Bahkan, sudah delapan buku diterbitkan terkait pentingnya perlindungan Karst Padalarang.  

"Kami seperti putus asa karena hasilnya tidak berubah. Eksploitasi penambangan terus berlangsung, baik menggunakan alat berat atau dinamit. Kebanyakan digunakan sebagai bahan baku cat dan pembuatan ubin," katanya.

Bahkan kini, kekhawatiran itu bertambah besar karena aktivitas penambangan mulai melirik kawasan Gua Pawon. Padahal, Gua Pawon adalah tempat ditemukannya kerangka manusia purba berusia sekitar 4.000 tahun yang lalu. Selain itu, tempat ini juga menjadi semacam kompleks tempat tinggal manusia purba dengan bukti penemuan alat purbakala terbuat dari batu. (kompas)

Selamatkan


Selamatkan


Apa yang harus diselamatkan?

asd